BERANI KARENA BENAR

kebenaran dianggap sebuah penghakiman hanya bagi mereka yang keras kepala hidup dalam area abu-abu kok! Tapi akan menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin berubah dan hidup lebih baik.

Seorang kawan sesekali berkomentar soal status yang saya unggah ke FB. Kira-kira demikian komentarnya: “Kamu menulis tentang A, apa tidak takut disalah artikan?” Atau “Kamu menulis dengan bahasa seperti itu, apa kamu nggak khawatir orang mengira kamu begini atau begitu?”

Well, setiap orang punya caranya sendiri untuk menuangkan ide, pikiran, harapan, omelan, kritikan dan sebagainya. Sebagai seorang yang gemar menulis, saya memilih media ini untuk mengungkapkan isi hati dan kepala saya. Soal takut atau tidak takut? Berani atau tidak berani? Oke, begini yah….

Saat ini banyak manusia bodoh yang kurang informasi dan sangat tidak berpendidikan pola pikirnya, dengan leluasa menyembur-nyemburkan berita hoax dan ujaran kebencian. Kalau mereka saja berani dan bisa bebas lalu lalang menebarkan hal yang salah di media, kenapa kita tidak berani menuliskan sesuatu yang beradab dan mengandung unsur kebenaran? Toh kebenaran dianggap sebuah penghakiman hanya bagi mereka yang keras kepala hidup dalam area abu-abu kok! Tapi akan menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin berubah dan hidup lebih baik.

Kebenaran memang nggak selalu sedap didengar. Tapi kadang perlu dipaparkan APA ADANYA. Saya tidak pernah punya masalah membeberkan pendapat saya, selama itu tidak bertentangan dengan prinsip2 kebenaran. Orang bisa saja menuliskan sesuatu yang terdengar ‘baik’ (baca: sweet), tapi belum tentu isinya benar dan sesuai kenyataan.

Banyak orang yang pandai menulis. Tapi tak semua berani menulis. Bagi saya, menuliskan sebuah pendapat (selama dilakukan dengan tepat, sopan, sesuai norma) bukan sesuatu yang perlu ditakutkan. Karena pada akhirnya, pengetahuan yang dibagikan akan menjadi inspirasi. Sementara pengetahuan yang disimpan untuk diri sendiri hanya akan menjadi pengetahuan untuk dirimu saja. “KALO BENAR, KENAPA HARUS TAKUT?” #BeraniKarenaBenar #SpeakTheTruth

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s